Monday, October 11, 2010

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu, keluarga dan masyarakat adalah tiga pilar yang tidak bisa dipisahkan dan mempunyai keterkaitan satu dengan yang lainnya.

Pertumbuhan Individu
Manusia sebagai makhluk individu mempunyai makna yaitu tidak berbagi.Tidak berbagi dalam hal ini bukan berarti manusia menjadi individu yang dapat hidup sendiri melainkan sebagai makhluk pribadi yang mempunyai keterbatasan yaitu sebagai manusia perseorangan.
Manusia sendiri mengalami pertumbuhan dalam kehidupannya. Pertumbuhan itu sendiri mulai dari kita lahir menjadi bayi mngalami proses pertumbuhan mnjadi dewasa dan terus tumbuh.

Faktor-faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan :
  1. Faktor Internal (faktor Keturunan)
    seperti jenis kelamin,warna kulit, bentuk tubuh dll
  2. Faktor Eksternal (faktor Lingkungan)
    Lingkungan juga mempunyai andil yang penting dalam pertumbuhan individu karena disinilah manusia mangalami proses interaksi sebagai masyarakat yang sedikit banyak mempengaruhi pola pikir dan sebagainya.
Fungsi Keluarga
Keluarga adalah kelompok terkecil yang terbentuk dari individu-individu itu sendiri yang merupakan bagian terkecil dari masyarakat.Keluarga berfungi sebagai tempat bagi setiap individu untuk mendapatkan perhatian,kasih sayang dan rasa aman dalam lingkungan keluarganya serta membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga tersebut.

Fungsi-fungsi keluarga itu terdiri dari :
  1. Fungsi Pendidikan
  2. Fungsi Agama
  3. Fungsi Ekonomi
  4. Fungsi Biologis
Berbicara tentang keluarga, berarti kita harus berbicara juga tentang masyarakat.Masyarakat itu sendiri mempunyai pengertian sekelompok individu yang membentuk sebuah keluarga dan membentuk kelompok yang lebih besar lagi dengan sistem tertentu dan memiliki ketergantungan satu dan yang lainnya.
Dalam pertumbuhannya, golongan masyarakat terdiri dari 2 golongan masyarakat,yaitu :
  1. Masyarakat yang memiliki pola pikir subjektif namun memiliki solidaritas yang tinggi terhadap sekelilingnya. Dalam pembagian kerja pun masyarakat sederhana masih menggunakan pola yang cenderung sederhana karena menyesuaikan dengan lingkungan tempat mereka tinggal.
  2. Masyarakat Modern
    Masyarakat modern timbul bersamaan dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang sedemikian pesat. Hal ini juga di tandai dengan pola pikir yang lebih rasional dan objektif dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul di lingkungannya.
Dalam masyarakat terdapat 2 ciri khas masyarakat, yaitu :
  1. Kelompok Masyarakat Non Industri
    Terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu :
    a. Kelompok Primer
    Ciri khas masyarakat dalam kelompok ini sifat kekeluargaan yang sangat erat dalam lingkungannya karena interaksi yang mereka lakukan sesama kelompok mereka sangat sering. Seperti lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah, dll.

    b. Kelompok Sekunder
    Kebalikan dari kelompok primer, dalam kelompok sekunder sifat kekeluargaan tidak begitu erat karena sifat interaksi yang jarang,seperti lingkungan di partai politik atau perkumpulan profesional muda.
  1. Kelompok Masyarakat Industri
Dalam kelompok masyarakat industri ini pembagian kerja bertambah kompleks. Solidaritas yang timbul di dalam masyarakat lebih didasarkan pada kedekatan kelompok-kelompok tertentu.Masing-masing mempunyai keahlian yang mandiri,seperti tukang roti, tukang sepeda, tukang las, dsb

Pada dasarnya manusia adalah makhluk hidup yang individualisme, namun dalam pertumbuhannya mereka harus berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya karena dalam kesehariannya mereka adalah juga makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain di sekelilingnya.Sebagai makhluk sosial itulah manusia membentuk suatu kelompok baru yang di sebut keluarga, suatu kelompok kecil tempat mereka mulai belajar berinteraksi dengan lingkungan sekitarm, selanjutnya dari lingkungan keluarga inilah akhirnya mereka bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka dan terbentuklah sebuah masyarakat baru, sehingga masyarakat terbentuk dari sebuah keluarga-keluarga dan dari individu-individu yang pada akhirnya terjadi hubungan yang saling terkait.

Urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota.
Urbanisasi terjadi karena dipengaruhi beberapa proses, yaitu :
a. Urbanisasi terjadi karena proses Ekonomi.
Urbanisasi terjadi karena tingkat pembangunan dan mata pencaharian yang tidak merata antara wilayah desa dan kota,sehingga mengakibatkan penduduk desa mencari penghidupan yang lebih baik di kota.
b. Urbanisasi terjadi karena Proses Demografi
Pembangunan yang terlalu di fokuskan di daerah perkotaanlah yang mengakibatkan penduduk desa pergi ke kota.

Referensi :
  1. Wikipedia
  2. Scribd.com

No comments:

Post a Comment